Mahasiswa dan BNNP Jateng Bagi-bagi Mawar Putih (Kampanye Anti Narkoba)

Semarang - Lebih dari 100 mahasiswa berkerumun di Jl Pahlawan Semarang tepatnya di depan gedung DPRD Jawa Tengah. Mereka meminta pengguna jalan memperlambat laju kendaraan dan memberikan mawar putih.Bunga tersebut dibagikan dalam rangka memperingati hari anti narkoba internasional. Kepala BNNP Jawa Tengah Kombes Soetarmono mengatakan aksi tersebut dilakukan sebagai wujud sosialisasi melawan peredaran narkoba yang terjadi di Indonesia."Ini pendekatan kita. Mawar putih melambangkan bersih dan tidak terpengaruh narkoba. Yang turun ini dari mahasiswa dan mahasiswi aliansi 6 universitas di Semarang," kata Soetarmono di Jl Pahlawan Semarang, Rabu (26/6/2013).
Saat ini, masyarakat perlu prihatin karena masih banyaknya korban atau pecandu narkoba khusushnya di Jawa Tengah. Dari data BNNP Jateng, lanjut Soetarmono, pada tahun 2008, dari populasi 32 juta penduduk, ada 493.533 orang yang menjadi korban atau pecandu narkoba."Sedangkan tahun 2011, dari hasil riset BNNP sudah turun 1,9 persen," tandasnya.Ia menambahkan di Jawa Tengah baru ada 46 tempat rehabilitasi dengan kapasitas hanya 1.002 orang. Dikhawatirkan korban yang tidak tertangani akan menjadi sasaran sindikat pengedar narkoba."Jateng memprihatinkan. Hasil penelitian, kontribusi terbesar ada di pekerja sebanyak 70% sedangkan mahasiswa dan pelajar 22%," jelas Soetarmono."Kalau kemudian ditangkap, proses hukum dan dimasukkan lapas, nanti di lapas ketemu bandar malah pake lagi, itu bukan solusi," imbuhnya.
Dengan aksi yang dilakukan di jalan protokol tersebut, ia berharap masyarakat bisa terhindar dari narkoba dan ikut mencegah peredaran narkoba serta membantu mengobati para pecandu dengan rehabilitasi."Di Pekalongan sudah dibuka unit rumah sakit untuk terapi dan rehabilitasi bagi para pecandu. Sedangkan di Brebes, Pemalang, Pekalongan berobat di Batang, di sana ada terapi namannya detox, di keluarkan racunnya dan dibiayai pemerintah," pungkas Soetarmono.Pembagian 1.000 batang bunga mawar putih itu dilakukan sejak pukul 15.30 hingga petang ini. Selain membagikan bunga, massa juga membentangkan spanduk dengan tulisan anti narkoba.

Sumber : http://news.detik.com/read/2013/06/26/185328/2285218/10/kampanye-anti-narkoba-mahasiswa-dan-bnnp-jateng-bagi-bagi-mawar-putih

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Clock Now !

You Want to Translate ?

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate by Google ( UBLO 7 )

Popular posts

Animated Dragonica Star Glove Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Submission

Followers

Now !


Recent Comments