Golput di Pilwalkot Capai 42 Persen ?

Kali ini saya akan membahas tentang golput, sekarang kan kita sudah beranjak dewasa(bagi yang umur diatas 17 tahun maksudnya) ^_^v.. Sudah sepatutnya kan kita untuk memilih hak pilih kita, bukannya malah golput. Tapi gunakanlah hak pilih kita sebaik-baiknya. Ok langsung saja, berita kali ini saya kutip dari Okezone.com. Check it Out ::::........ ^_~
BANDUNG - Partisipasi pemilih pada Pilwalkot Bandung 2013 hanya 58 persen atau sebanyak 959.647 dari total daftar pemilih tetap (DPT) 1.658.808 orang. Sedangkan golongan putih (golput) adalah 42 persen atau 699.161 orang.
Angka itu didapat berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilwalkot Bandung. Diketahui, jumlah suara tidak sah pada pilwalkot adalah 43.494 orang. Suara tidak sah itu karena pemilih tidak mencoblos kertas suara atau mencoblos kandidat lebih dari satu.
Angka itu ditambah jumlah orang yang sama sekali tidak menggunakan hak pilihnya. Tercatat ada 656.667 yang tidak datang ke TPS.
Disinggung soal prosentase warga yang menggunakan hak pilihnya, Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kota Bandung, Evi Ariadne, menyebut angka itu cukup rasional.
"Saya tidak menyatakan partisipasi pemilih cukup bagus, tapi partisipasi pemilih dengan jumlah segitu rasional," kata Evi di Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6/2013).
KPU sudah maksimal melakukan sosialisasi. Bahkan KPU bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (PK2S) Universitas Padjadjaran. Hasilnya, seminggu sebelum pencoblosan, masyarakat Bandung sudah tahu akan ada pilwalkot.
Dia pun heran kenapa prosentase tersebut tidak sama dengan hasil riset. "Yang lebih tidak mengerti, kenapa ada yang datang ke TPS tapi tidak menggunakan hak pilihnya atau mencoblos tidak sesuai aturan," jelas Evi.
Menurutnya, tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak menggunakan hak pilih dengan baik saat datang ke TPS. "Apalagi mencoblos itu kan tidak sesulit mencontreng," ucapnya.
Dalam waktu dekat, Evi menyebut, KPU akan menggelar evaluasi. Salah satunya membahas tentang angka partisipasi dan golput pada pilwalkot. Sehingga ke depan diharapkan angka partisipasi masyarakat akan meningkat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, diketahui pasangan Ridwan Kamil-Oded Danial (RIDO) menang telak 45,24 persen atau 434.130 suara.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Clock Now !

You Want to Translate ?

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate by Google ( UBLO 7 )

Popular posts

Animated Dragonica Star Glove Pointer

Diberdayakan oleh Blogger.

Submission

Followers

Now !


Recent Comments